Taman Merjosari

TAMAN MERJOSARI

 

Penataan taman kota di Malang berkembang sangat pesat. Bisa kita hitung berapa taman kota yang ada di Malang, yang ditujukan untuk menambah lingkungan hijau dan menjadi tempat wisata keluarga dalam kota yang tidak memerlukan biaya mahal.

Seperti yang kita ketahui Malang memiliki taman kota di depan balai kota dan alun-alun yang terletak di daerah pasar besar. Tapi apakah setiap warga Malang tahu ada sebuah taman kota lagi yang dibangun secara besar-besaran di sebuah keluruhan tidak jauh dari pusat kota?

Namanya Taman Merjosari, terletak di di Jl. Mertojoyo Selatan Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowok waru, tepatnya di depan Pasar Dinoyo yang baru. Ini adalah taman kota pertama di Malang yang dibangun dengan konsep delapan elemen kota hijau.

PHTO0010.JPG

Taman Merjosari

Luas taman yang direncanakan mencapai 29.012 m2 ini bertujuan sebagai upaya pemenuhan amanat UU Penataan Ruang, penyediaan ruang interaksi sosial budaya dan tempat bermain dan belajar bersama menuju kehidupan lestari.

Letak Taman Merjosari ini  berhadapan langsung dengan pasar Dinoyo Baru, menghadap ke arah timur tapi memuliki pintu utama di sebelah utara dengan tempat parkir yang cukup luas dan sederet warung pujasera yang siap memanjakan perut lapar setelah berjalan-jalan di taman.

Sebenarnya pembangunan taman ini belum sepenuhnya jadi. Menurut penjaga tempat wisata gratis itu taman ini baru mencapai tahap pembangunan pertama dan masih ada tahap kedua dan ketiga, untuk memperluas dan memberikan fasilitas terbaik bagi warga Malang.

Saat ini Taman Merjosari telah mencapai tahap pertama dengan luas tanah 5.966 m2 dengan beberapa fasilitas seperti gazebo, area pasir pantai, open theater, food therapy, tanaman langka, parkir sepeda dan toilet.

peta taman merjosari

Peta Taman Merjosari

Walapun belum sepenuhnya jadi, peminat dan pengunjung taman ini cukup banyak setiap harinya, apalagi di akhir pekan. Taman ini akan ramai dikunjungi saat pagi hari dan sore hari, terlihat anak-anak bermain di area pasir laut dan orang tua berjalan-jalan di foot therapy.

Bahkan, menurut keterangan penjaga setempat, saat malam hari pun tempat ini masih saja ramai, gazebo-gazebo di sana akan menjadi tempat nongkrong dengan penyinaran lampu taman yang cukup memadahi walaupun belum begitu banyak.

Saat disinggung tentang taman yang masih banyak orang sampai dini hari, penjaga setempat tidak mempermasalahkan missal ada orang pacaran, yang dilarangnya disana adalah ketika ada pengunjung yang minum-minuman keras dan berjualan di area taman.

Untuk pengembangan taman di tahun ini pemerintah akan melanjutkan lagi pembangunan yang diutamakan di sebelah utara sampai dengan lapangan bola yang ada di belakang taman.Pengembangan itu antara lain membangun penanda taman, zona air siap minum, playground, sawah edukasi, gapura, pos penjaga dan gardu tenaga surya.

Untuk proses selanjutnya, tahap ketiga akan dikerjakan tahun 2014 di bagian selatan tahap pertama yaitu menambah gazebo dengan fasilitas free wifi, waterpark, kolam ikan, lapangan air mancur, jogging track, fasilitas penunjang komunitas dan taman langka.

Sayangnya taman ini bukan terletak di jalan utama.  Tapi diuntungkan karena jalan ini adalah akses utama menuju pasar Dinoyo. Jadi daerah yang dulunya sepi hanya ada persawahan dan beberapa rumah penduduk saat ini bertambah ramai.

Kita doakan saja Taman ini menjadi taman kebanggan kota Malang, mengingat kota Batu telah lebih dulu menyelesaikan pembuatan taman kota. Dan semoga pelaksanaan pembangunan ini bisa terlaksana dengan baik.

Berhadapan dengan pasar Dinoyo membuat taman ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah akses utama yang membuat ramai, tapi kekurangannya adalah kadang pemandangan pasar yang semrawut dan limbah pasar yang membuat kondisi tidak nyaman.

Tapi yang jelas, sebagai warga Malang harusnya kita bangga telah memiliki ruang terbuka seperti Taman Merjosari, dan sudah sepantasnya kita sebagai pengunjung ikut melestarikan dan merawat apa yang ada di sana.

So, nggak ada salahnya kan liburan akhir pekan mengajak keluarga ke sana?

Fasilitas Taman merjosari

Fasilitas Taman merjosari

Sekitar Taman Merjosari

Sekitar Taman Merjosari

(Naima. K.Nisa)

atau bisa diunduh di sini : TAMAN MERJOSARI