SKUTER UB

Mendengar dari namanya saja mungkin di benak anda mengira skuter adalah sebuah kendaraan semacam vespa. Sayangnya oraganisasi mahasiswa Universitas Brawijaya ini bukanlah pecinta atau pengguna vespa.

Skuter adalah sebuah himpunan mahasiswa asal kota Sukoharjo Jawa Tengah yang berkuliah di Universitas Brawijaya Malang. Nama yang cukup aneh untuk sebuah organisasi bukan?

Skuter berarti Sukoharjo  Makmur Tercita, maksa banget ya?

Tapi nama itu menjadi ciri khas kami, dimana perhimpunan mahasiswa rata-rata bernama IKEMAS, dan kami memilih nama lain yang tercetus pada tahun 2008, bertepatan dengan ditetapkannya sebagai tahun kelahiran Skuter pada 6 Oktober 2008.

Logo Skuter UB

Logo Skuter UB

Sejarah berawal dari angkatan 2005 yang hanya ada 1 orang mahasiswa UB berasal dari Sukoharjo, bertambah sekitar 3 kepala tahun 2006, 5 kepala tahun 2007, dan 11 kepala saat 2008. Penambahan yang siqnifikan itulah yang membuat kami harus memiliki nama dan sebuah wadah di Malang ini.

Organisasi non profit dan dengan tujuan kekeluargaan ini pertama kali dipimpin oleh Purnowo, mahasiswa Teknik angkatan 2006 yang akrab dipanggil kang Nowo, lalu penggantinya adalah Andi hakim, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2007 yang akrab dipanggil kang Penceng bersamaan dengan dicetuskannya nama SKUTER.

Berjalannya waktu membuat semangat kami bertambah untuk terus mendapatkan keluarga besar mahasiswa Sukoharjo yang berkuliah di Brawijaya, segala bentuk kegiatan mulai dari bakti social, promosi UB ke sekolah-sekolah memberikan hasil dengan dikenalnya SKUTER diberbagai kalangan.

4 3

Setelah kang Penceng selesai menjabat, tahta ketua diberikan kepada Alfian Ahmad, mahasiswa FIA 2008. Saat kepengurusan inilah tercetus pembuatan logo baru yang digarap oleh Naima K. Nisa seperti yang tertera diatas. Keberhasilan kepengurusan ini juga terbukti atas kepercayaan DPRD Sukoharjo dalam memberikan bantuan dana untuk SKUTER.

Berlanjut kepengurusan selanjutnya dipegang oleh Fariz yang akrab disapa Mas Ahong, mahasiswa Sastra Inggris 2010 karena angkatan 2009 hanya ada 3 orang dan tidak ada yang dicalonkan. Kepengurusan ini berhasil mengembangkan bisnis untuk SKUTER Online.

Akhirnya kepengurusan yang baru untuk tahun 2013 ini kembali ditangan teman-teman angkatan 2010 oleh Endrik, mahasiswa Psikologi 2010. Melalui musyawarah besar yang dilaksanakan tanggal 24 Februari 2013 kemarin.

2 1

Saat ini anggota SKUTER mencapai lebih dari 60 orang termasuk alumni yang kadang masih ikut membantu dan berperan aktif di organisasi ini. Organisasi ini bukan merupakan organisasi yang formal, walaupun setiap bulan ada jadwal rapat.

Tidak jarang kami berkumpul hanya menghabiskan waktu di basecamp yang berada di Kontrakan Kertorahayu. Entah itu main PS, nonton film, masak-masak, bakar jagung, dan lain sebagainya. Kami juga sering pergi bersama saat liburan baik di Malang ataupun Solo.

Yang pasti tujuan dari organisasi ini adalah membuat kami merasa memiliki keluarga di Malang, kota rantau yang setidaknya akan kami tinggali selama 4 tahun masa studi. Harapan kami, organisasi ini bisa bermanfaat bagi anggotanya dan lingkungan sekitar, baik di Malang atau Sukoharjo.

 

Oh ya, kalau ada yang belum tahu Sukoharjo itu di mana, cek google ya!

(Naima. K, Nisa)

bisa juga diunduh di : SKUTER UB